Selasa, 14 Juli 2020

Yuk Cari Tahu Waktu Dan Cara Menggunakan Masker Kain Yang Tepat

Posted by Shinobi Batuahku on Selasa, 14 Juli 2020

Hingga saat ini, kasus penambahan korban COVID 19 masih terus bertambah setiap harinya. Karantina dianggap sebagai cara jitu memutus rantai penularan, namun karena beberapa faktor sebagian orang harus keluar rumah. Demi menekan penambahan angka penularan, masyarakat dihimbau mengenakan masker yang terbuat dari kain sebagai alternatifnya. Sudah banyak pedagang jual masker kain, namun banyak pula yang tidak memahami cara menggunakannya.


Cara Tepat Menggunakan Masker
Baik pemerintah hingga dinas kesehatan, tiada hentinya mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker setiap keluar rumah. Mungkin mengenakan masker tampak mudah, namun kenyataannya tidak bisa dipandang sepele apalagi menggunakan secara sembarangan. Lebih mirisnya lagi, ternyata masih banyak masyarakat yang abai hingga kesulitan memahami bagaimana cara menggunakan masker yang tepat.

Agar tidak salah menggunakannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan ukuran masker dan wajah Anda pas sehingga masker tidak mudah bergeser ataupun turun saat bergerak. Sebelum mengenakannya, silahkan cuci tangan menggunakan sabun maupun hand sanitizer agar masker tetap steril. Karena menggunakan masker dari kain, perhatikan mana yang akan menjadi sisi luar dan dalam.

Hal ini perlu dilakukan, karena bagian terluar akan menjadi tempat menyaring berbagai virus dan bakteri yang hendak masuk ke dalam tubuh. Oleh karenanya, belilah masker dengan bahan berkualitas di pedagang Jual Masker kain terdekat. Begitu pula saat mengenakannya, pastikan tangan tidak menyentuh bagian maskernya dan beralih menyentuh talinya saja ketika hendak mengaitkannya pada telinga.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Masker
Pada dasarnya, penggunaan masker memiliki fungsi agar tidak menularkan virus kepada orang sekitar saat bersin maupun batuk. Sedangkan bagi mereka yang sehat, masker sendiri membantu melindunginya dari debu hingga virus yang dibawa oleh orang sakit secara tidak disengaja. Sebab, banyak pula yang sudah terjangkit COVID 19 tanpa mengalami gejala yang pernah disebutkan. Alhasil, kita benar benar tidak mengetahui siapa saja yang terlular di luar sana.

Masker yang terbuat dari kain memang bisa dikenakan berulang ulang, namun juga perlu diperhatikan tingkat kebersihannya. Apabila dirasa lebih dari 4 jam pemakaian, akan lebih baik untuk segera menggantinya dengan masker yang masih steril guna meningkatkan perlindungan. Sebab selama itu pula, virus dan bakteri telah menumpuk di bagian terluar masyarakat dianjurkan memiliki cadangan masker yang sudah bisa dibeli di pedagang jual masker kain terdekat.

Selain mengetahui kapan waktu tepat untuk menggunakannya, penting untuk mengetahui kapan waktu melepaskan masker. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berbagai kotoran akan menumpuk di bagian depan masker. Dengan kata lain, Anda harus menghindari sentuhan pada masker area sekitar hidung dan mulut. Dengan mengetahui cara melepaskan masker dengan tepat, tangan tetap steril dan siap mengenakan masker yang baru.

Mengetahui Tujuan Masker Digunakan
Dari penjelasan singkat di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa masker bukanlah sekedar dikenakan untuk melengkapi protokol yang dianjurkan pemerintah semata. Namun masker memiliki peranan untuk memberikan perlindungan dari virus mematikan, sekaligus menjadi benteng pertahanan agar virus terlepas saat batuk maupun bersin tidak menulari orang sehat di sekitarnya. Beruntungnya kini sudah banyak pedagang jual masker kain demi memenuhi kebutuhan.

Masker, saat ini sudah seperti alat tempur yang wajib dibawa kemanapun Anda pergi. Tingginya kebutuhan yang tidak diimbangi dengan stok barangnya, menjadikan masker medis terbatas. Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa menggunakan masker dari kain sebagai solusi tepatnya. Bukan hanya sekedar memakainya, namun penting untuk mengetahui kapan dan cara tepat menggunakan masker untuk mendapatkan perlindungan maksimal. 

Previous
« Prev Post